Selasa, 09 September 2014

Populasi Sapi Potong Di Cilacap Paling Kecil Di Jawa Tengah



Populasi Sapi Potong di wilayah Kabupaten Cilacap paling kecil dibandingkan wilayah kabupaten lainya di Jawa Tengah. Padahal, kabupaten Cilacap memiliki wilayah paling luas di Jawa Tengah.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Cilacap, Susilan membenarkan, bahwa populasi sapi potong di Cilacap adalah paling kecil di Jawa Tengah.


"Saat ini, hanya 21 ribu ekor sapi potong yang berada di Cilacap, jumlah ini sangat kecil dibanding daerah lainya di Jawa Tengah," kata Susilan, Selasa (9/9/2014).

Menurutnya, Cilacap sangat potensial untuk pengembangan sapi, disamping adanya Pelabuhan yang digunakan untuk transit impor sapi. "Sejauh ini, peternakan sapi khususnya sapi potong di Kabupaten Cilacap masih sangat minim sehingga kesempatan untuk membuka usaha itu terbuka sangat luas," ungkapnya.

Selain itu, minimnya peternakan sapi potong itu disebabkan keterbatasan anggaran dari APBD Kabupaten Cilacap dan kurangnya dukungan anggaran dari APBD Provinsi Jateng maupun APBN.

"Dukungan anggaran ini diperlukan karena modal usaha peternakan sapi potong cukup besar, biasanya ternak sapi digeluti oleh petani kelas menengah ke atas. Kalau masalah sumber daya manusianya sebenarnya mencukupi, hanya kurang dukungan anggaran saja," jelas Susilan.

Dia memaparkan, sentra peternakan sapi potong yang berada di Kabupaten Cilacap sebagian besar berada di wilayah timur seperti Kecamatan Adipala dan Binangun.

Padahal, wilayah barat Kabupaten Cilacap seperti Kecamatan Dayeuhluhur, Wanareja, dan Majenang sangat potensial untuk pengembangan budi daya sapi potong karena ketersediaan hijauan pakan ternak cukup banyak. (*)

sumber : http://jateng.tribunnews.com/2014/09/09/populasi-sapi-potong-di-cilacap-paling-kecil-di-jawa-tengah